Keutamaan Ilmu

يرفع الله الذين آمنوا منكم والذين أوتوا العلم درجات والله بما تعملون خبير )

Allah SWT berfirman "niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS Al Mujadalah:11)

Ketika salah seorang diantara kalian yang telah meluangkan terhadap saudaranya, pada waktu dipertemukan atau diperintahkan untuk keluar, maka keluarnya itu haknya menjadi berkurang, namun terdapat ketinggian dan kedudukan yang tinggi dari Allah SWT, dan Allah SWT tidak akan mengabaikan hal itu terhadapnya, tapi akan memberikan ganjaran di dunia dan di akhirat. Maka barangsiapa merendahkan diri(tawadhu') pada perintah Allah SWT, Allah SWT akan meninggikan derajatnya dan meluaskan ingatannya. Dan atas hal ini Allah SWT berfirman :

"niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS Al Mujadalah:11)" 
yakni maha mengetahui terhadap yang berhak atas hal itu, atau yang tidak berhak atas hal itu. 

قال الإمام أحمد حدثنا أبو كامل ، حدثنا إبراهيم ، حدثنا ابن شهاب ، عن أبي الطفيل عامر بن واثلة ، أن نافع بن عبد الحارث لقي عمر بن الخطاببعسفان ، وكان عمر استعمله على مكة ، فقال له عمر من استخلفت على أهل الوادي ؟ قال : استخلفت عليهم ابن أبزى . قال : وما ابن أبزى ؟ فقال : رجل من موالينا . فقال عمر بن الخطاب استخلفت عليهم مولى ؟ . فقال : يا أمير المؤمنين ، إنه قارئ لكتاب الله ، عالم بالفرائض ، قاض . فقال عمر ، رضي الله عنه : أما إن نبيكم - صلى الله عليه وسلم قد قال : " إن الله يرفع بهذا الكتاب قوما ويضع به آخرين

Imam Ahmad berkata, telah menceritakan pada kami Abu Kamil, telah menceritakan pada kami Ibrohim telah menceritakan pada kami ibnu Syihab telah menceritakan pada kami dari Abu Thufail Amir bin Watsilah, bahwa Nafi’ bin ‘Abdul Harits bertemu Umar bin Khaththab di daerah ‘Ashfan, dan Umar ketika itu mengangkatnya sebagai Wali di Makkah, lalu Umar mengatakan kepadanya: Siapa yang kamu angkat sebagai pemimpin untuk Ahli Al-Wadli? Dia menjawab Aku mengangkat pemimpin untuk mereka Ibnu Abzi. Umar bertanya Siapa Ibnu Abzi itu? Dia menjawab: Seseorang yang berasal dari mawali kami (mantan budak). Umar berkata: Kalian mengangkat pimpinan seorang Mawali? Dia berkata: Wahai Amirul Mu’minin, sesungguhnya dia adalah orang yang pandai dalam Al-Qur’an, mengetahui Ilmu Faraidl, seorang qadli. Umar berkata: Sesungguhnya Nabi kalian saw pernah bersabda: Sesungguhnya Allah akan mengangkat dengan Al-Qur’an ini suatu kaum, dan dengannya pula Allah akan mencampakan yang lain.

Dan Imam Muslim juga meriwayatka dengan jalan yang lain, yakni dari Imam Zuhri. dan telah disebukan juga  tentang keutamaan ilmu dan orang yang mempunyai ilmu, dan selain itu juga banyak disebutkan pada  hadis-hadis yang telah teruji dalam kitab Ilmu di Sohih Bukhori. 
Segala puji dan karunia hanya bagi Allah SWT.

sumber : Tafsir Ibnu Katsir

0 komentar: