Kisah hidup Rasulullah dan istrinya (Khadijah RA)


Rasulullah SAW, panutan suri tauladan bagi umat muslimin dan seluruh alam, Rasulullah mengajarkan kasih saying,cinta, kepada setiap makluk ciptaan Allah, terlebih pada kaum perempuan.

Perempuan, dalam islam diangkat derajatnya oleh Allah SWT, berdasarkan apa yang di ajarkan oleh Rasulullah SAW. Rasulullah mempunyai Istri banyak bukan karena kebutuhan biologis Rasulullah, tapi ini terdapat hikmah yang cukup banyak, diantaranya sifat kasih sayang Rasulullah terhadap kaum janda, dan sudut pandang politik dan dakwah juga mengena dalam rumah tangga rasulullah SAW.dan dari salah satu dari Istri Rasulullah yang paling berjasa di awal munculnya dakwah Islam adalah Siti Khodijah.

Siti Khodijah.atau nama lengkapnya adalah Khodijah Binti Khuwailid. Beliau termasuk pembesar Quraisy. Beliau putra dari Khuwailid, dan Ibu nya adalah Fatimah binti zaidah, beliau berasal dari termasuk suku pembesar quraisy yakni bani asad.

Siti Khodijah adalah seorang perempuan berbudi luhur dan cerdas, beliau juga seorang pedagang yang kaya raya. Beliau nikah dengan rasulullah SAW pada umur 40 tahun dan Rasulullah SAW berumu 25 tahun. Dan memiliki beberapa putra dan putrid, yang di antaranya yang dapat mempunyai keturunan adalah SIti Fatimah yang di nikahkan rasulullah dengan Ali bin Abi Thalib.

Perjuangan Siti Khadijah di kala awal dakwah rasulullah tidaklah mudah. Beliau adalah wanita yang pertama kali masuk islam, beliau selalu sabar dalam menemani dakwah rasulullah SAW, beliau selalu menemani Rasulullah SAW dalam baik ataupun  buruk, dalam senang ataupun susah, beliau tidak pernah mengeluh sekalipun kepada sang suami, beliau mendermakan semua harta kekayaannya untuk berdakwah Rasulullah SAW.

Siti Khodijah, beliau adalah seorang istri tauladan, ibu kaum muslimin, dan perempuan muslimah, yang patut dijadikan suri tauladan bagi segenap perempuan muslimah di dunia. Bagaimana akhlaq beliau, bagaimana perjuangan beliau dalam menemani rasulullah SAW. telah banyak di kisahkan bahwa SIti Khodijah adalah seorang yang kaya raya, beliau mendermakan hartanya semua nya untuk dakwah Rasulullah SAW. beliau juga yang menyiapkan perbekalan dalam dakwah rasulullah, beliau juga yang menenangkan rasulullah di kala Rasulullah merasa tidak tenang.

Siti Khodijah, seorang perempuan mulia dan seorang istri yang mulia, salah satu  dari kisah beliau adalah beliau yang menyiapkan perbekalan rasulullah di kala rasulullah SAW bertahannuts di gua Hira’, bahkan seorang perempuan seperti Siti Khodijah beliau rela naik turun gunung Nur atau tempat gua Hira’ yang sangat tinggi sekali yang jika ditempuh dengan jalan kaki, dapat ditempuh dalam 2 jam, beliau hampir tiap malam naik turun gunung mengantarkan perbekalan unutk rasulullah dan sekedar menengok kabar dan keadaan Rasulullah SAW. betapa sungguh mulia perjuangan beliau.

Siti khodijah, seorang istri yang mulia yang selalu ada tatkala Rasulullah butuhkan dan selalu menjaga martabat Rasulullah dikalangan umatnya. Dan suatu kisah dikala rasulullah mendapatkan wahyu yang ke dua, dan wahyu tersebut cukup menggetarkan hati Rasulullah hingga tubuh Rasulullah gemetaran semua, Siti Khodijah ada dikala rasulullah butuhkan, beliau menyelimuti Rasulullah dengan selimut, dan beliau mencoba menenangkan Rasulullah dikala itu. Betapa mulia nya perjuangan Siti Khodijah

Tak ada suri taula dari para istri yang semulia siti Khodijah, dari seorang kaya raya, seorang pembesar, dan menikah dengan rasulullah dengan sabarnya menemani dakwah Rasulullah,dan beliau tidak pernah mengeluh sekalipun walaupun itu sakit dan pedih dalam  menemani perjuangan dakwah rasulullah SAW dan terdapat suatu kisah ketika bani Hasyim dan bani Mutholib di asingkan oleh suku Quraisy, tanpa adanya makanan dan bantuan apapun, siti Khodijah tidak ada sepatah katapun keluhan yang ada beliau selalu mengibur Rasulullah dan selalu membuat hati rasulullah selalu tenang. Dan pada umur 64 Siti Khodijah wafat, dan tahun tersebut dinamakan “amul huzni” atau Tahun kesedihan.

Dalam suatu istilah yang cukup ternal “Di balik kesuksesan seorang pria hebat terdapat wanita yang hebat di belakangnya”. Dan ini sebuah kisah dari siti Khodijah bahwa beliau adalah tonggak awal kesuksesan dakwah di awal dakwah rasulullah SAW.

WAllahu A’lam.

0 komentar: